Pemilihan Lokasi Usaha

Pemilihan Lokasi Usaha

Sebelum menjalankan usaha, terlebih dahulu pengusaha harus menentukan tempat/lokasi secara jelas. Hal tersebut penting diperhatikan dikarenakan lokasi merupakan bagian dari aspek pemasaran. Didalam menentukan tempat/lokasi usaha secara garis besar ada dua hal yang harus diperhatikan antara lain sebagai berikut:
1. Backward Linkage (Pertalian ke Belakang)
Hal ini berkaitan dengan biaya produksi yang harus dikeluarkan wirausahawan jika perusahaannya adalah manufaktur, karena backward linkage adalah masalah sumber bahan baku bagi produknya.

2. Forward Linkage (Pertalian ke Depan)
Forward linkage berhubungan dengan masalah pemasaran produknya. Bagaimana agar lokasi yang dipilih akan memudahkan perusahaan dalam mendekatkan produknya kepada segmen pasar yang telah ditentukan.

Secara terperinci hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan tempat/lokasi usaha yang menguntungkan perusahaan diantaranya:
1. Berdekatan dengan sumber bahan baku
2. Berdekatan dengan pasar
3. Kemudahan untuk mendapatkan tenaga kerja
4. Kemudahan dalam hal fasilitas transportasi
5. Kemudahan dalam memperoleh bahan bakar
6. Kemudahan memperoleh air
7. Dukungan pemerintah daerah dan masyarakat sekitar

Rujukan:
W. Rintatik, Sudarno. 2008. Kewirausahaan 3. Solo; PT.Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

1 komentar:

dagnepacione said...

T-Rex's T-Rex T-Rex | TITNADES
T-Rex's T-Rex is a great tribute to the titanium hair trimmer original T-Rex, one of the dental implants original and notable characters titanium vs platinum from the omega titanium late '80s. The babyliss pro titanium flat iron T-Rex was

Post a Comment

Live Traffic Visitor