Administrasi dalam Perusahaan

Administrasi dalam Perusahaan

Kegiatan administrasi sangat bermanfaat bagi pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya. Sebab daya ingat manusia serba terbatas, sehingga ketika usaha semakin maju, semakin banyak pula data-data transaksi yang berada dihadapan pengusaha. Tidak mungkin semua data itu disimpan dalam pikiran pengusaha saja, karena akibatnya akan menghambat proses produksi maupun pelayanan pada konsumen. Kegiatan administrasi sangat menolong pengusaha dengan tugas administrasi, yaitu antara lain sebagai berikut:
1. Catatan data-data transaksi bisnis
2. Catatan keuangan
3. Catatan produksi
4. Catatan persediaan produk
5. Catatan penjualan

Adapun kegunaan dari administrasi adalah sebagai berikut:
1. Sebagai alat manajemen bagi para wirausaha
2. Sebagai penilaian bagi para wirausahawan
3. Sebagai alat bukti pertanggungjawaban para wirausahawan dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Macam-macam catatan dan kegiatan yang dilakukan dalam administrasi adalah sebagai berikut:
1. Catatan perjanjian dagang
2. Catatan pemesanan dan pengiriman
3. Catatan pemasaran
4. Catatan proses produksi
5. Catatan perbekalan/persediaan
6. Catatan kepegawaian
7. Catatan surat menyurat
8. Catatan gudang

Rujukan:
W. Rintatik, Sudarno. 2008. Kewirausahaan 3. Solo; PT.Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

0 komentar:

Post a Comment

Live Traffic Visitor