Masak Sayur Sop

Ok, saya bukan orang yang pintar masak, tapi saya mencoba untuk belajar masak?? kenapa saya belajar?? sebenarnya dari dulu dulu sudah pengen belajar masak, tapi selalu disibukkan dengan kerjaan, jadinya praktis beli makanan jadi aja deh di kosan sampai kerja pun juga beli makanan jadi. tapi di rumah ortu dulu sempat sih belajar masak tapi tidak se-intens ini ya. hehehe.. because my husband... saya mencoba belajar masak... belajar masak suka-suka... kalau suami mah selalu bilang enak aja.. awas kalau bilang gak enak, gak tak masakin hayoo hahaha... :D Ok, I will share you about "Sayur Sop" ini resep dari ibu, saya coba masak suka suka saya.. hehehe. tapi alhamlh jadi dan enak bagi saya dan suami. karena "enak itu kan perkara rasa ya, rasa itu kan perkara selera ya, dan selera masing-masing orang kan berbeda ya." hehehe. Ok balik lagi ke sayur sop. Bahan-Bahan: 1) Bawang putih 4 siung 2) Merica bubuk 1/4 bungkus atau 10 merica yang tidak bubuk (yang butir itu) 3) Garam secukupnya 4) Gula secukupnya 5) Penyedap rasa (tergantung selera ya, biasanya ada yang penyedap rasa sapi atau ayam)

6) Untuk bahan sop-sopnya saya biasanya beli di ibu-ibu yang jualan sayur (harganya 1000 rupiah) itu uda di racik sayurannya, cukup kalau buat maem kurang lebih 5 orang ya.. hehehe, ada seledri, wortel, dll ya sesuai selera ditambahkan dengan sosis, kentang,kembang kol juga pasti lebih nikmat.
Cara memasaknya: 1) Cuci terlebih dahulu semua peralatan masak, untuk tetap menjaga kebersihan makanan kita
2) Kupas bawang putih lalu cuci, lalu iris bawang putih tipis-tipis.
3) Cuci bahan bahan sop yang akan kita masak
4) Siapkan panci dan tuangkan sedikit minyak goreng untuk mengoseng-oseng bawang putih yang telah diiris sebelumnya. 5) Masukkan air kurang lebih 400ml kedalam panci. 6) Masukkan sayur-sayuran kedalam panci 7) Tutup panci untuk memaksimalkan kematangan sayur, setelah sayur dalam keadaan setengah matang, masukkan merica, garam, gula dan penyedap rasa secukupnya. 8) Aduk untuk meratakan bumbunya, tunggu sampai matang 9) Sayur sop siap dihidangkan.
HAPPY COOKING, MASAK SUKA SUKA YA. :)

0 komentar:

Post a Comment

Live Traffic Visitor