LPM UM Selenggarakan Program IPTEKS bagi Kewirausahaan untuk Mahasiswa, Alumni, dan Umum




Sebagai wujud kepedulian dan dukungan kepada mahasiswa dan alumni yang memiliki jiwa dan minat terhadap dunia wirausaha, Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Malang (LPM-UM) tahun ini menyelenggarakan program Ilmu pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) bagi Kewirausahaan (IbK). Sasaran program ini khusus untuk mahasiswa, alumni, dan umum yang telah berwirausaha. Akan tetapi prioritas sasaran utama program ini mahasiswa dan alumni UM.

Syarat mengikuti program kewirausahaan tersebut adalah mahasiswa yang sudah pernah mengikuti program wirausaha yang dikembangkan oleh kemahasiswaan, seperti Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) khususnya PKM Kewirausahaan. Selain itu, dapat diikuti oleh mahasiswa yang pernah menjalani program wirausaha yang dikembangkan oleh LPM, seperti Magang Kewirausahaan (MKU) dan Kuliah Kerja Usaha (KKU), Inkubator Wirausaha Baru (INWUB), Interpreneurship, atau mahasiswa tersebut sudah berwirausaha secara mandiri di luar program LPM atau kemahasiswaan UM.

Menurut Koordinator Program Sosial Budaya dan Penerapan IPTEKS (PSBPI) LPM UM, Ahmad Fahmi, ST, MT saat diwawancara Warta Online mengatakan, “Program kewirausahaan ini diharapkan bisa berhasil, sehingga pada kesempatan yang akan datang terbentuk Asosiasi Wirausaha Mahasiswa (AWM) UM. AWM UM merupakan wadah pengembangan bagi mahasiswa UM atau alumni yang telah berhasil menjalankan usaha. AWM UM dapat menjadi sarana perluasan jaringan usaha dan juga sebagai tempat berlatih/pemagangan usaha bagi mahasiswa yang sedang berlatih menjalankan usaha. Bagi mahasiswa yang berhasil wirausaha melalui proram IbK ini, setiap tahun akan membekali dan mengkader kepada adik-adiknya calon wirausaha baru, jika ini berlangsung rutin maka akan lahir generasi-generasi wirausaha muda yang siap menciptakan lapangan pekerjaan”.

Selanjunya dikatakan dosen Fakultas Teknik (FT) UM ini, “Program yang merupakan Penguatan Kewirausahaan ini akan mengumpulkan minimal 20 mahasiswa UM atau di luar UM yang nantinya akan mendapatkan materi manajemen, pemasaran, administrasi, keuangan, dan bekal-bekal wirausaha lainnya. Materi pelatihan akan disampaikan dalam bentuk kelas yang dilaksanakan satu minggu sekali di luar jam dan hari kuliah.

Peserta kewirausahaan akan dilatih oleh para praktisi dari UM dan dari luar yang telah berhasil mengembangkan wirausahanya. Setelah itu, peserta tersebut akan dimagangkan ke tempat wirausaha yang berhasil sesuai denga jenis usaha yang diminatinya. Selanjutnya, para peserta juga akan diberi modal sampai Rp 100 juta setiap mahasiswa untuk menguatkan usaha yang sebelumnya telah dirintis dan usaha tersebut bisa dilakukan di luar kota Malang. Pengajuan dana akan diseleksi secara khusus agar usaha yang dirintis semakin berkembang, sehingga akan akan lahir wirausaha baru dari mahasiswa”.

Bagi mahasiswa yang telah berwirausaha di bidang apapun dan telah memenuhi syarat yang diajukan serta berminat mengikuti program IPTEKS bagi Kewirausahaan (IbK), dapat mendaftarkan diri secara on-line di http://siakad.um.ac.id mulai tanggal 8 Maret-8 April 2010. Selanjutnya pengumuman peserta yang lolos untuk mengikuti tahap wawancara akan diumumkan pada tanggal 18 April 2010. Untuk kontak person dapat menghubungi Ahmad Fahmi, ST, MT. selaku Korprog Program Sosial Budaya dan Penerapan IPTEKS (PSBPI) LPM UM, Telp. (0341) 7630273.

sumber: um.ac.id

0 komentar:

Post a Comment

Live Traffic Visitor